Rabu, 24 September 2014

Budaya, Makanan Khas dan Ciri khas dari Kota Batu



Kota tercinta saya di mana aku lahir di Kota Wisata Batu. Kota Batu dulu tidak sesukses dan semaju sekarang ,dulu orang mengenal Kota Batu hanya kota apel dan kota yang berhawa dingin. Namun sekarang bukan lagi hanya kota apel, sekarang kota batu adalah Kota Wisata Batu. Banyak tempat wisata yang di sediakan di Kota Batu ini. Tempat wisata yang terkenal dan banyak di kunjungi oleh wisatawan adalah Jawa Timur Park 1, Jawa Timur Park 2 (secret zoo dan museum), BNS, Eco Green Park, dan yang terbaru saat ini adalah Museum Angkut. Dan saat ini banyak mahasiswa yang berkunjung ke Kota Batu hanya untuk ngopi dan nongkrong di alun alun kota Batu.

Di Kota Wisata Batu ini juga memiliki beberapa makanan khas yang harus di cicipi para wisatawan yang berkunjung ke Batu. Ada beberapa makanan yang sering di cari oleh wisatawan antara lain :

1. Ketan Legenda
Ketan ini berada pada Alun-Alun Kota Batu dengan nama tokonya dalah "pos Ketan Legenda". Toko ini buka pada jam 17.00-habis. Dan toko ini tidak pernah sepi akan pengunjung yang datang untuk membeli ketan yang di sediakan di toko tersebut.








2. Olahan makanan dan minuman dari apel

Batu terkenal dengan buahnya yaitu apel. Banyak industri di Batu yang mengolah makanan dan minuman berasal dari buah apel, antara lain: Sari Apel, kripik apel, dodol apel, cuka apel, jenang apel. Produk ini dijadikan oleh-oleh untuk para pengunjung Kota Batu.






Ciri khas dari Kota Wisata Batu ini adalah hawanya yang sejuk dan dingin. Karena Batu terletak di kaki gunung panderman dan di kelilingi beberapa pegunungan. 

Kota Wisata Batu selain kaya dengan tempat wisatanya Kota Batu juga akan kaya dengan kesenian dan budayanya. Budaya yang ada di Kota Batu ini yang sering dilakukan dan sudah menjadi tradisi salah satunya adalah acara bersih desa. Bersih desa ini dirayakan untuk memperingati hari jadi desa. Yaitu dengan menggelar pawai/karnaval keliling desa tersebut dan ada sesajen yang disediakan yang menjadi pelengkap dan harus ada dalam acara tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar